Buscar

Ice Cream Health

Chocolate Ice Cream And Health

Es Krim adalah produk beku yang dibuat dari kombinasi antara susu segar murni dengan satu atau lebih bahan-bahan lain seperti flavour, tepung maizena, gula pasir dan telur, dengan atau tanpa zat perasa dan pewarna dan dengan atau tanpa zat penstabil berupa agar-agar atau sayuran yang dapat dimakan. Es krim merupakan kuliner favorit anak muda dan juga anak-anak kecil. Es krim sangat enak dinikmati ketika cuaca panas, atau saat pikiran lagi penat es krim bisa membuat rilex.


Namun umumnya masyarakat memiliki persepsi bahwa mengonsumsi es krim berpotensi mengakibatkan batuk. Suhu dingin es krim dapat mengiritasi saluran pernapasan sehingga menyebabkan batuk yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun penelitian Rilnia Metha Sofia, Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, membuktikan es krim coklat justru bisa menjadi obat batuk. Rilna mengungkapkan es krim yang dibuat dari bahan coklat ternyata mengandung bahan makanan yang dapat menekan refleks batuk. Cokelat mengandung zat tobromin yang secara signifikan dapat menekan refleks batuk. Cara kerja tobromin ini sama dengan cara kerja obat-obat batuk dalam meredakan batuk.

Suhu dingin es justru dapat bekerja secara sinergis dengan tobromin untuk meredakan batuk. Dingin dengan suhu yang sangat rendah, memang dapat menyebabkan terjadinya cedera pada sel, termasuk pada sel saluran nafas sehingga menginduksi terjadinya batuk. Namun, dingin dengan suhu yang lebih tinggi, justru dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah lokal tanpa menyebabkan cedera pada sel.

Efek mengonsumsi es krim coklat pada penderita batuk ternyata mirip dengan efek mengonsumsi DMP. Terlebih, es krim coklat tidak memiliki efek samping yang berarti jika digunakan sebagai obat. Rasanya yang enak akan meningkatkan kepatuhan pasien minum obat, terutama anak-anak.



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.